Pilgub Sulsel, SAdAP Sebut Adnan IYL Kandidat Potensial

by -30 views

LINTASSATU – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2024 memang masih beberapa tahun lagi. Namun, sejumlah nama sudah mencuat bakal jadi kandidat di pilgub sulsel mendatang. Salah satunya, Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL.

Hal tersebut diatas disampaikan pembina Laskar Merah Putih Provinsi Sulsel, Syarifuddin Dg Punna (SAdAP) Berdasarkan pantauan lapangan dan survey servey yang ada nama Adnan IYL yang saat ini menjabat sebagai Bupati Gowa sering kali masuk dalam radar survei sejumlah lembaga sebagai kandidat kuat saat pilgub mendatang, bersama sejumlah nama besar lain.

SAdAP mengatakan, Pilkada serentak tahun 2020 lalu dinilai sangat menentukan arah pertarungan pada Pilkada Sulawesi Selatan pada 2023 yang akan datang.

Ada sejumlah figur yang menonjol pasca perhelatan Pilkada serentak 2020. Tiga di antaranya Adnan Purichta Ichsan, Indah Putri Indriyani, dan Mohammad Ramdhan Pomato (DP).

SAdAP menilai figur Adnan paling patut diunggulkan karena memiliki variabel keunggulan komplek. Selain meraih rekor kemenangan tertinggi Pilkada di Sulsel sepanjang sejarah, Gowa merupakan daerah dengan pemilih tertinggi ketiga di Sulsel setelah Makassar dan Bone.

“Adnan IYL adalah figur yang cocok untuk jadi gubernur di sulsel, secara historis dan jenjang karir ia pernah menjadi anggota DPRD Sulsel dua periode meskipun berbeda partai, dilanjutkan juga sebagai bupati di kabupaten Gowa menggantikan bapaknya alm Ichsan Yasin Limpo, dipilkada tahun 2020 ia kembali terpilih dengan jumlah suara sah mencapai 90% dari total pemilih, menurut saya ini sudah menjadi modal besar adnan untuk memimpin Sulsel mengikuti jejak om nya terdahulu yaitu Syahrul Yasin Limpo yang saat ini menjabat sebagi Menteri Pertanian RI,” ungkap rai SAdAP. via WhatsApp, Sabtu (17/4).

Dia menambahkan, pemimpin muda ini punya perbedaan geopolitik. Mereka punya representasi kalangan muda milenial, yang punya posisi strategis di setiap momentum politik serta punya basis terbesar ketiga setelah Makassar dan Bone, dan teritori Adnan punya nilai histori di Pilgub Sulsel.

“Peluang Adnan dipinang partai politik cukup terbuka. Meskipun sejauh ini, determinasi oligarki dan bandar politik belum bisa di eliminasi dalam proses kandidasi di partai politik,” jelasnya.

Contohnya, kata SAdAP, jika saja Nurdin Halid kembali maju di Pilgub mendatang, lalu berpasangan dengan Adnan, tentu kansnya akan lebih besar. Ataukah Ilham Arief Sirajuddin juga final maju, lalu berpasangan dengan Adnan, tentu kekuatan elektoralnya makin kuat.

Kondisi terbalik jika saja Andi Sudirman Sulaiman yang berstatus sebagai petahana, mengambil pasangan diluar nama Adnan dan Indah, ya tentu kekuatan elektoralnya tidak akan seksi. “Jadi menurut saya, sosok figur Adnan Ichsan Yasin Limpo, akan jadi rebutan di Pilgub Sulsel mendatang,” pungkasnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.